Kebalik atau Terbalik :-)

Tadi malam kami meramaikan kamar dengan membaca buku2 cerita. Kali ini bukan saya/ abie yang bercerita, tetapi “menantang” Salman untuk membacakan buku buat adeknya. Alhamdulillah Salman merasa tertantang hihihi, dan dipilihnya buku tentang gelembung dan buku tentang alat transportasi. Sampai di buku tentang alat transportasi, Salman menemukan (kembali) tulisan “ambulans” yang terbalik. Sebenarnya saya sudah pernah menjelaskan tentang hal ini, kenapa tulisan di bagian depan ambulans itu terbalik. Tapi kali ini, abie menjelaskannya sambil membawa buku itu di depan cermin agar lebih jelas buat Salman yang –mungkin- logikanya saat ini sudah terasah dengan baik.

Mereka tertawa2 saat bisa membaca di depan cermin.

Lalu kami mulai mencoba2 menulis terbalik di kertas dan meminta Salman membacanya di cermin, (and trust me, its fun for him). Cukup satu-dua kali dia membaca di cermin, lalu… dia bisa membaca tulisan itu begitu saja tanpa menampakkannya di cermin. Dan…. dia bisa membuat tulisan terbalik untuk dibacakan di cermin. What a clever boy J.

Jauh sebelum tulisan terbalik ini Salman sudah bisa menghitung mundur. Entah gimana awalnya, saya cuman sesekali membenarkan hitungannya tetiba saja dia menghitung mundur. Prosesnya jadi lebih efektif saat kami nunggu lampu merah yang sekarang ada hitungan mundurnya ituloh.

Saya ndak tahu apa bahasa psikologinya tentang membaca/ menghitung terbalik ini. Tapi buat saya kok itu sangat amazed ya? karena saya perhatiin anak2 seumuran dia tidak semua bisa melakukannya. Ada yang tahu ini tipe anak pembelajar yang gimana? 🙂

Anyway, good job Salman. ..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s