Perhiasan Emas

Minggu lalu saya antar mama ke toko perhiasan, biasaaa kalo deket2 lebaran gini nyonyah punya dua pilihan, pulang kampung atau dituker perhiasan!. Secara harga tiket pp buat pulang kampung bisa dibelikan emas. Hihihi. Karena habis lebaran tahun ini saya mau lairan, mama gak mau pulkam, kesian katanya nengok saya sendiri ngurus anak tiga. (eh, pas libur lebaran mudah2an dokternya standby yaaaa :-p). Walhasil, tahun ini mama milih stay di Pekanbaru, kompensasinya yaaa… si perhiasan emas itu. Tapi seringnya saya kepalak sih, soalnya bujet bli perhiasannya slalu lebih mihilll huhuhuhu. Tapi gpp lahhhh, ortu sendiri jugah.

Nah, pas kemarin beli perhiasan kokoh penjualnya ngasih info tentang macam2 perhiasan emas. Seneng juga sih karena ternyata kokohnya jujur, ples kami jadi tahu beberapa jenis perhiasan emas, dari beda karatnya, sampai warna dan bentuknya. Tiap daerah ternyata emasnya beda2 lohhh. Nah ini saya mau cerita serbaserbi perhiasan emas versi kokohnya itu yaaa…

Perhiasan emas (saya singkat PE aja yah) yang ada di pasaran itu dibagi berdasarkan karat dan persen. Ada yang 22 Karat dan 24 Karat. Nah, yang 22 Karat ini dibagi lagi menjadi 40%, 50%, 70%, 75%, 85% dan 91,6% dst. Ada juga loh perhiasan yang karatnya mencapai 18K.

PE 22K itu emas buatan pabrik, dibuat dalam bentuk masal dan persentasenya berbeda2. Semakin tinggi persentasenya maka warnanya akan semakin kuning, semakin kecil warnanya jadi semakin agak merah gitu. Persentase ini kayaknya beda di tiap daerah deh. Di Surabaya (kawasan Blauran) saya umumnya nemu PE 70-75% dan 85%. Kalau di toko emas dekat pasar2 kecil, biasanya dijual PE 22K 40%-50%. Orang Surabaya biasa menyebutnya “emas enom” (emas muda).

Harganya? jelas beda, bulan Oktober 2013 lalu, saya beli emas 75%, 22K di Surabaya harga berkisar Rp390/gram, sekarang sudah di angka 400-an. Kalau PE yang 85% (saya beli di Sumber Jaya kalau gak salah), waktu itu harganya sudah 460rb/ gram. PE yang umum dijual di Surabaya dan Jakarta adalah emas 22K 70-75%, karena setahu saya pabrik emas ada di Kawasan Gresik, yang notabene deket dengan Surabaya.

Nah, untuk mengetahui karat& persentase emas ini, biasanya (biasanya loh yaaa) di bagian emas itu ada cap yang menunjukkan kadar karat dan persentase. Di cincin dan gelang mama saya ada tulisan 708, yang berarti PE mama adalah 22K 70%. Selain itu, kadar dan karat bisa dilihat dari berubahnya warna perhiasan seiring berjalannya waktu. PE 22K 70%, setelah setahun akan berubah agak kemerahan, bukan kuning cerah lagi. Keliatan loh ini, cincin kawin saya dari 7 tahun lalu gak berubah warna (kadar 85%), sementara cincin mama saya udah mulai agak merah, padahal baru setahun dibeli.

Tapi kata kokohnya, cap itu bisa dibikin sendiri dan warna perhiasan bisa disepuh (isitilahnya di krom). Maka dia wanti2 agar beli emas di tempat yang udah dipercaya saja, tuh kan kokohnya baik banget. Dia jualan udah sejak dari jaman kakeknya loh, dan di Pekanbaru ini toko dia emang terkenal kok.

Itu cerita PE di Surabaya ya, kalau PE di daerah2 tertentu ada yang kadarnya 22K 91,6%. Jarang ada yang jual perhiasan ini kalau di Surabaya (CMIIW). Warnanya jelas beda dengan yang kadar 70%, dia lebih kuning dan warnanya akan tahan lama. Tapi di daerah2 yang punya/ jual emas 24K, biasanya banyak emas dengan kadar ini. Saat ini harga berkisar 510rb’an tergantung upah bikinnya (nanti saya cerita lagi tentang biaya upah ini).

Selain emas 22K, Pekanbaru, Sumbar, dan Makassar (baru tiga tempat ini saya tahunya) jual emas 24K. Emas 24K ini kadarnya tinggi, oleh karena itu ciri PE’nya gampang dikenali. Semakin tinggi karat, maka kontur barangnya semakin lembek karena campuran logam lainnya sedikit. Jadi kadang kita bisa nemu cincin yang lembek dan gampang peyok gt. Oleh karena itu perhiasan 24K biasanya dibuat dengan jumlah gram yang tinggi supaya lebih kokoh. Untuk 1 gelang biasa aja bisa sampai 17graman, harganya juga mihilll.

Emas 24K ini biasanya didesain sendiri oleh toko emas, kayak toko kokoh tadi. mereka bikin dan desain emasnya sendiri, jadi harga upahnya bisa lebih kecil. Tapi banyak juga toko PE yang jual emas langsung jadi.

Harga Emas

Cara menentukan harga PE juga berbeda di tiap daerah, kalau di Surabaya kan jelas ya ditulis besar2: emas 390/gram, harga itu sudah termasuk keuntungan/ upahnya ya. Kalau di Pekanbaru beda, kalau kita nanya berapa harga gelang misalnya, mereka akan klaklik kalkulator dan ngasih kita harga emas pergram+upah. Upah tiap perhiasan berbeda, tergantung kerumitan harga perhiasan itu. Kalau dijual lagi, harga yang akan dibayarkan ke kita adalah harga emas saat itu dikurangi harga upah. Kalau di Surabaya akan dikenakan harga jual saat itu kan ya?.

Cuman, saya belum pernah beli emas di Surabaya dan Pekanbaru dalam satu waktu, jadi saya gak bisa mbandingkan, mahalan mana harga emas 22K 70% di Surabaya dengan di Pekanbaru.

Kalau emas 24K beda lagi harganya, dia dhitung bukan pergram melainkan peremas setiap emas ini hitungannya per 2,5 gram.

Nah…sila dipilih2…kalau ada yang salah/ nambahin monggo dikoreksi yaaa… sudah tahukan tentang perhiasan emas? mudah2an bermanfaat yaaa

10 thoughts on “Perhiasan Emas

  1. Berinfestasi emas lebih besar lagi untungnya bila di depositokan di bursa berjangka. Pengen tahu caranya? Hub. 081332737773

  2. saya mesti beli emas di yogyakarta (padahal saya org asli surabaya.. hehehehe)
    di sana emas terendah 75 persen harganya miring pula
    segram yang 70 persen di surabaya 400 ribuan di yogyakarta dapat segram yang sduah 75 persen

  3. Btw…toko emas apa tu mbak dipku 😀
    Boleh donk smsin saya 085363071029
    Lagi nyari toko emas terpercaya sayanya 😉
    Makasih mbak

Tinggalkan Balasan

