Salman: Mr. Out of The Box

Kalau kita disuruh mewarnai awan, kira – kira warna apa yang akan kita pilih? kebanyakan pasti akan memilih warna biru kan? yakan? yakan? tapi coba liat ke atas langit, apakah awan itu berwarna biru? huhuhu, awan sebenarnya berwarna putih kan ya? langitlah yang berwarna biru. Saya pernah membahas hal ini dengan anak- anak, sambil memandang warna langit ya biru.

Tapi itu tidak berlaku bagi Salman, karena dia selalu mewarnai awannya dengan warna HITAM!. hehehe. Bagi anak TK, pemilihan warna hitam terkesan kurang ceria ya? bahkan terkesan kalau anaknya pemurung kan ya? hehehe. Salman kan ceria bin aktif, jadi sy melihat anggapan itu sebagai angin lalu saja.

Tahu tidak kenapa Salman seringkali mewarnai awannya dengan warna hitam? karena dia sedang menggambar HUJAN! di bagian bawah gambar awan, dia selalu menggambar garis2 panjang pertanda ada air yang meluncur, ya si air hujan itu. dan apa warna awan ketika turun hujan? tentu hitam bukan?  hehehe.

Dan Salman tidak pernah mewarnai garis2 hujannya, karena ya… warna garis hujan apa? hehehe, mungkin saya perlu membelikan buku cerita khusus tentang hujan buat dia ^^.

Menurut saya Salman termasuk out of the box dalam hal menggambar, dia menggambar apa yang ingin dia gambar dan itu bukan gambar anak kebanyakan. Bukan dua gunung yang memunculkan matahari disela-selanya, sawah dibawahnya dan jalan raya disamping sawah. Hayooo ngakuuu siapa yang kecil sering banget bikin gambar ituuu…

Kebanyakan gambar salman adalah imajinasi/ hal yang benar – benar pernah dia lihat. Karena dia sangat suka lego, menyukai cerita – cerita teknologi seperti transportasi, roket dan robot, maka gambar – gambarnya selalu seputar itu.

Robot yang bisa berubah jadi mobil pak polisi

Robot yang bisa berubah jadi mobil pak polisi

Terakhir dia pernah menggambar dua buah robot (sayang belum saya scan), satu robot kecil dan satu robot besar. Di depan robot itu dia membuat tanah dan bunga – bunga. Abstrak memang, tapi saya bisa melihat detilnya ketika dengan gamblang menceritakan kepada saya “cerita tentang gambarnya”. Bagi dia, itu adalah robot penanam bunga, dia membuat itu agar petani bisa terbantu menanam bunga.:-)

Sayangnya, saya merasa gurunya tidak sempat bertanya tentang cerita gambar Salman, karena nama dan bubuhan tanda-tangan pada gambarnya terbalik. Mungkin bu guru mengira, bunga matahari yang digambar Salman adalah matahari sesungguhnya :-(. Ahh.. biarlah, saya akan pastikan diri untuk tak alpa mengajak Salman bercerita tentang gambarnya.

Proud of You Salman, really…

roket dari lego

roket dari lego

kereta api dalam hujan

kereta api dalam hujan

robot pemadam kebakaran

robot pemadam kebakaran

Iklan

2 thoughts on “Salman: Mr. Out of The Box

  1. Sebentar lagi Umi … Sebentar lagi …
    kalau sudah kelas 2 … kelas 3 … dst …
    akan semakin takjub kita dibuatnya … biarkan anak-anak menyerap sebanyak yang mereka bisa serap … (semoga kita bisa mensortir apa yang layak mereka serap)

    salam saya Umi
    (7/3 : 9)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s