Website Taman Ilmu

Setelah jalan-jalan kerumah mbak choco yang ngiming-ngimingi tulisan proyek monumental, segera saya meluncur ke rumah pakdhe yang membuat kontes ini. Ajakan yang sangat menantang!!!. Saya termasuk orang yang jarang membuat proyek tahunan, hanya sesekali membuat tempelan di dinding tentang cita-cita tanpa menyertakan tahun kapan pencapaian cita-cita itu akan dilaksanakan. Absurd sekali bukan?!?, maka tantangan ini sungguh menggelitik saya.

Sebenarnya saya mau menggarap proyek ini diam – diam, ingin rasanya berbuat baik yang anonym agar tangan kiri tak sempat melihat apa yang diberikan oleh tangan kanan. Tapi rasa-rasanya sudah setahun lebih proyek ini hanya berkembang di angan – angan. Dan setelah saya jembrengkan satu persatu bentuk bagian proyek, ternyata banyak hal yang tidak bisa saya lakukan. Dengan kata lain, hal – hal itu belum saya kuasai. Jadi saya berharap, dengan memajang proyek monumental ini, dapat sebagai pengingat diri bahwa saya pernah mencanangkan sesuatu (dan tentu saja semoga dapat terpenuhi), sekaligus mungkin dapat menghimpun rekan – rekan yang bersedia menjadi kontributor/ membantu pelaksanaan/ membantu sisi teknis lain. Aminn…

Proyek apakah itu?

Seringkali saya browsing untuk mendapat bahan bagus pengajaran anak – anak, yang islami tentunya. Saya menemukan beberapa website yang menjadi sumber ilmu, sayangnya kebanyakan masih website berbahasa inggris. Salah satu yang berbahasa Indonesia adalah disini. Setelah melihat website itu, Subhanallah… saya merasa terbantu dengan berkunjung kesana. Dulu bang aswi dkk pernah punya website ceritaanakislam, tapi entah kenapa sekarang sudah tidak bisa diakses.

Nah, website senada itulah yang ingin saya buat. Saya ingin membuat sebuah website yang berisi ilmu untuk anak – anak muslim. Judulnya mungkin TAMAN ILMU. (hehehe, gak kepikiran apalagi). Baik itu tentang akhlak, adab, ibadah, sirah dll. Kesemuanya itu nanti akan dikemas secara menarik, dengan ilustrasi sana-sini, disimpan dalam bentuk pdf dan siap cetak. Sehingga apabila ingin digunakan untuk para ibu/ guru Paud, insyaAllah tinggal ngeprint. Namun tentunya ilustrasi dan isi harus ditahsih (verifikasi) terlebih dahulu agar tidak ada yang berselisihan dengan kaidah-kaidah Islam.

Saya sudah mencoba merintisnya dengan kolom di pojok atas, “Dongeng Anak Muslim”, sebuah cerita gubahan yang terinspirasi oleh Hadits Shohih. Sayangnya mood saya kok mandeg. Hehehe *malu*.

Detil website yang saya inginkan adalah sbb :

  1. Dongeng Anak Muslim (didasari oleh Hadits), yang akan menjelaskan isi hadits dengan penggambaran cerita sehari – hari yang ditemui anak – anak sehingga lebih mudah dicerna.
  2. Siroh (kisah nyata)
  3. Alat Bantu belajar (bisa berbentuk flashcard atau lembar kerja yang berisi tentang science, mewarnai, hijaiyyah, calistung dll)
  4. Belajar Bahasa (English dan Arab mungkin. hehehe, krn sy juga kurang oke kemampuan bahasanya)
  5. Majalah mini bulanan (berisi gado2 untuk bahan bagi anak PAUD)

Seperti yang saya tulis diatas, setelah saya jembrengkan ide proyek saya, ternyata saya gak bisa ngutak-ngatik blog dengan baik. Bahkan untuk membuat kolom (apasih namanya) DAM itupun saya harus ngutakngatik internet selama seminggu, sekarang sudah mulai lupa lagi. Ini detil kesulitan saya :

  1. Kurang paham layout blog.
  2. Butuh motivator dan partner menulis. hahaha.

Proyek ini lamaaa sekali saya simpan di buku impian saya. Saya tahu saya sangat moody, dalam satu hari jika mood sedang bagus, maka 3 tulisan bisa selesai, sedangkan jika ndak bagus maka berbulan-bulan blog ini bisa kosong. Sayapun harus punya target, pernah saya menyelesaikan satu buah buku panduan PAUD dalam 1 bulan saja, tapi begitu kelar ya… males nulis lagi. Hihihi. Saya berharap target pembuatan website itu dapat dicapai dalam waktu 3-4 bulan kedepan dan pada akhir tahun depan, minimal ada 30 isi tulisan didalamnya. Aminnn Ya Rabb

Cara yang coba saya rencanakan untuk memenuhi proyek monumental itu adalah :

  1. Mencari orang yang mau ngasih domain beserta layoutnya. Hehehe
  2. Mencari partner/ Kontributor yang se-ide
  3. Eksekusi!

Kedepannya, tak lepas kemungkinan akan ada pengembangan website, tapi semoga website yang ini bisa segera terlaksana.

Ngomong-ngomong, ada yang mau join dengan saya? ^.^

 Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan:Proyek Monumental Tahun 2014.

Kontes-Unggulan-Proyek-Monumental-20145-150x124

5 thoughts on “Website Taman Ilmu

Tinggalkan Balasan

