Short Memory

buku bagus cocok buat remaja atau ortu yg punya anak remaja

buku bagus cocok buat remaja atau ortu yg punya anak remaja

Saya baru – baru ini membaca buku tulisan ust. Felix Siauw. Sebenarnya sih buku ini lebih ditujukan untuk anak – anak remaja, tapi yaaa karena penasaran sy baca aja. Judul bukunya (kalau tidak salah) “Udah Putusin Ajah!” Buku ini menggunakan bahasa postingan fesbuk/ twitter yang cuma satu kalimat itu, trus didesain sedemikian rupa sehingga bentuknya catchy. Isinya sih bagus, ngena banget untuk anak remaja yang lagi galau gitu. Tapi ups, sy ndak sedang mereviw buku kok.  Hanya sekelebatan peristiwa setelah itu.

Teman sy yang abegeh (hehehe) setelah baca buku itu pernah nyeletuk “enak ya buku ini, gampang dibacanya. gak perlu baca satu paragraf penuh”.

Jeger!

Sy jadi menyadari sesuatu. apakah keberadaan media sosial seperti fesbuk dan twitter ini betul – betul mempengaruhi kemampuan mencerna bacaan kita?

Kan, kalau kita apdet status di fb/twitter hanya butuh satu kalimat atau bahkan satu kata seperti :laper!. Kalau nulis di blog kan harus banyak paragraf gitu kan ya? musti mikir dalem-dalem, bikin konsep di word, ngecek typho, milih-milih foto yang mendukung tulisan dsb-dsb-nya.

Nah, kebiasaan nyetatus pendek, dan membaca status pendek inilah yang –mungkin- mempengaruhi kebiasaan kita untuk membaca. Rasanya, lebih mudah bagi kita mencerna tulisan yang seiprit daripada yang panjang lebar. Akhir – akhir ini pun sulit bagi sy (yg punya tugas apdet website kantor dan handle buletin) untuk bikin tulisan yang agak panjang. Rasanya itu buntu dan macet di otak.

Padahal, dengan membaca (dan menulis) tulisan dengan paragraf panjang itu membantu otak kita bekerja loh. Otak kita jadi gak mandeg untuk terus bekerja, melatih agar otak kita ndak pikun juga. Makanya nih, sy prefer untuk rajin – rajin menulis dan membaca buku. Gak hanya di blog ajah sih, tapi juga dibuku harian milestones anak –anak dan tempat lain.

Fiuh… semoga sy bisa memberikan hak otak sy untuk berpikir. Amin….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s