Netiket dan Blogtiket ?

Dalam dunia maya, actually I prefer become silent reader  than full time blogger, atau facebooker.  karena memang pada dasarnya sy bukan orang yang tekun dan saya adalah seorang pengamat yang baik. *tsaaahhh*

beberapa waktu ini, sy diberi kesempatan (baca : mati gaya saking nganggurnya) untuk menjelajah dunia maya lebih intens. niat banget mengunjungi satu persatu blog, baik yang lagi bikin giveaway (hihihi) sampe yang bikin genk di dunia maya. dari pengamatan itu, sudah beberapa kali say nemu kejadian aneh2, kesemuanya terkait dengan netiket/ blogtiket alias etika dalam dunai maya atau dunia perbloggeran.

jujur, saya newbie, merunutkan permasalahan2 perbloggeran yang sy temukan di dunia maya, bikin sy berpikir “etika apa sj yang perlu sy ketahui, supaya gak diganyang sm penghuni dunia maya yang lain?” hehehe.. here’s some of result from my blogwalking :
1.    Don’t just copy paste!
Kasus yang sy temukan dan sempet heboh di dunia maya adalah kasus full copas yang menimpa mbak indah, mbak anggie, dan mbak arien. Ceritanya ada sebuah blog yang copas abis tulisan2 belio, plek plek, kata per kata, hanya saja nama tokoh (anak) diganti nama anaknya, bahkan yang dicopas adalah surat pribadai yang ditulis dengan hati. endingnya, si empunya blog minta maaf ke mereka2, dan akhirnya blog itu dihapus sendiri oleh pemiliknya. sayangnya saat saya coba telusur, blog itu sdh gak ada -telat banget taunya sih-

lesson for me : jangan cuma copas! it’s a big no no buat blogger, kalau mau copas minimal ijin dulu. hargai hasil karya orang lain. (tapi masih bingung juga ding, surat buat anak kok dicopas yak?)

2.    Jangan menyengajakan diri cari musuh.
di MP pernah ada kasus yang nimpa teman saya, gara2nya ada OS yang tingkahnya enggak banget (marahin dan neror temen sy itu) di dunia nyata, alhasil dia dimusuhi emak2 se-MP.

lesson for me : kita boleh manis2 di dunia maya, tapi kita tetep harus manis juga didunia nyata, jangan bermuka dua gitu. dannnn, musuhin satu orang efek dominonya dahsyat bo!

3.    ikut giveaway mendorong kita buat nulis lohh.. tapi yang ini sy gak tau blogtiketnya apa?ada gak sih?

Selain itu, ada hal2 yang sy gak ngerti caranya. ini tentang keilmuan sih :
1.    Gimana caranya kalo kita komen ke blog orang (selain MP) bisa muncul fotonya?
2.    Apa iya, kalo orang mau komen ke kita gak bisa selain yang punya akun di MP?
3.    Gimana caranya supaya blog orang bisa dib logroll ke blog kita?
4.    Apa kalo blogwalking musti ninggalin jejak?

ada yang mau bantuuu? share dong..

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s