Unspoken Word…. (Halaqoh)

Sy mengenal “lingkaran” itu segera setelah menginjakkan kaki di Pekanbaru, tak terlalu lama… dengan pertolongan seorang teman, tanpa surat transfer, dan azzam yang kuat untuk tholabul ilmi, Alhamdulillah Allah mudahkan saya untuk segera mendapatkan “lingkaran”. Kurang lebih, 1,5 bulan sy sudah mulai beraktivitas pekanan….

“lingkaran” sy terdiri dari kombinasi akhwat dan ummahat, kami berbaur dan melebur, saling bertukar informasi, saling bercerita, saling menguatkan dan saling berbagi.

Yang tidak mereka ketahui mungkin….adalah fakta bahwa saya ternyata diam2 menganalisa, mempelajari bagaimana mereka menenggang rasa hidup, bagaimana mereka memotivasi diri secara mental dan ruhiyah, bagaimana mendidik anak2 mereka,, bagaimana mereka memperlakukan suami… dan bagaimana mereka mencintai Tuhannya..

Dan ketika satu persatu mulai hijrah….

Saya diam, tak ada kata2 yang saya ucapkan dalam penyampaian kesan dan pesan. Terlihat dingin memang, bukan tak ada kenangan yang membekas, bukan karena mereka tak berarti, tapi sungguh, detik2 itu sy sedang menggigit lidah, menekan perasaan yang hendak meledak2 di dada, agar air mata ini tak tumpah…

Dan itu terus terulang… setiap personil berkurang satu persatu, setiap puzzle “lingkaran” yang kami susun mengurai, setiap itu pula… sy menggigit lidah, menahan nafas, dan mencegah air mata ini tumpah..

Hingga pagi itu…. saat kami melingkar di depan masjid, menikmati sepoi2, saling bertukar kado… kami diberitahu… bahwa separuh dari kami akan “dihjrahkan”. Separuh! Bedol desa! Transmigrasi! Atau apapun itu, saya kehilangan 80% dari “lingkaran”, dan akhirnya saya pun tergugu… dan hanya bisa berkata..”maaf…., afwan….”

Padahal saat itu sy ingin bilang “jazakumullah khoiron katsir…. untuk tiap momen yang tercipta, afwan jiddan, untuk alpa yang terus bertambah…. uhibbufillah… uhibbufillah… ana uhibbufillah…semoga Allah mempertemukan kita di Jannah… dalam halaqoh yang mulia, dan tak fana”. Amien….

*rindu…. kakak2 L

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s